Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "ELIN HERLINA"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Proses Pelaksanaan Keterampilan Vokasional Pada Anak Low Autisme di Yayasan Our Dreams Indonesia Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung.
    (Perpustakaan, 2025-09-23) NABILLA KRESNA FITRIARDY, 21.02.007.; ELLA NURLELA; ELIN HERLINA
    NABILLA KRESNA FITRIARDY, 21.02.007. Proses Pelaksanaan Keterampilan Vokasional Pada Anak Low Autisme di Yayasan Our Dreams Indonesia Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Dibimbing oleh ELLA NURLELA dan ELIN HERLINA Rendahnya akses terhadap pendidikan vokasional dan pelatihan kerja yang inklusif bagi penyandang autisme di Indonesia menjadi persoalan yang berdampak langsung terhadap rendahnya partisipasi kerja kelompok ini dalam sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai proses pelaksanaan keterampilan vokasional yang diterapkan pada anak low autisme di Yayasan Our Dreams Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi non-partisipan, serta studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 anak autisme yang mengikuti program kelas kognitif dengan pendekatan metode group work serta teknik educational group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan vokasional dimulai dari proses pengembangan minat dan bakat melalui aktivitas seperti melukis, menggambar. Selanjutnya, anak diajarkan keterampilan imitasi dalam mengenali bentuk geometri dan kombinasi warna, dengan pendekatan pembelajaran visual dan praktik langsung. Keterlibatan guru pendamping khusus, keluarga, serta lingkungan sosial menjadi faktor pendukung yang sangat signifikan dalam mendukung proses pembelajaran dan penguatan keterampilan anak. Penelitian ini menegaskan pentingnya pelatihan vokasional berbasis kekuatan, personalisasi, dan dukungan sosial sebagai strategi pemberdayaan anak autisme menuju kemandirian dan partisipasi produktif dalam masyarakat. Proses yang terstruktur, partisipatif, dan berkelanjutan menjadi kunci utama dalam pelaksanaan program keterampilan vokasional yang efektif di Yayasan Our Dreams Indonesia. Kata kunci: autisme, keterampilan vokasional, pengembangan, group work, inklusi sosial
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Proses Pelayanan Pelatihan Vokasional Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung
    (Perpustakaan, 2024-08-08) MUHAMMAD HAFIZH, 20.02.085.; ELIN HERLINA; MEITI SUBARDHINI
    MUHAMMAD HAFIZH, 20.02.085. Proses Pelayanan Pelatihan Vokasional Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Dibimbing oleh MEITI SUBARDHINI dan ELIN HERLINA. Proses pelayanan pelatihan vokasional merupakan suatu proses atau usaha dalam memberikan tindakan yang diberikan oleh seorang ahli untuk mengembangkan potensi terhadap minat bakat dalam diri klien supaya bisa mampu menyalurkan potensinya ketika selesai mendapatkan pelayanan pelatihan vokasional di Sentra Terpadu Kartini Temanggung. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang proses pelayanan pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung yang mencakup 1) Karakteristik informan, 2) Tahap awal dalam pelayanan pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas intelektual, 3) Tahap inti dalam pelayanan pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas intelektual, 4) Tahap akhir dalam pelayanan pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penentuan informan adalah Purposive yaitu informan ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu peneliti. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang informan yang meliputi tiga orang pekerja sosial yang sudah mengalami proses pelayanan pelatihan vokasional dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, tiga orang instruktur pelatihan vokasional yang sudah mengalami proses pelayanan pelatihan vokasional dari tahap awal sampai dengan tahap akhir dan tiga orang klien yang sudah menerima pelayanan pelatihan vokasional lebih dari satu bulan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan pelatihan vokasional di Sentra Terpadu Kartini Temanggung sudah dilaksanakan dengan cukup baik, akan tetapi pada pemberian keterampilan vokasional masih kurang maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa klien yang mendapatkan pelayanan keterampilan vokasional tidak sesuai dengan hasil asesmen. Adanya beberapa hambatan seperti kemauan orang tua yang berbeda dengan potensi yang dimiliki oleh klien menjadi masalah yang menghambat pemberian keterampilan vokasional kepada klien. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengusulkan program “Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pelatihan Vokasional Penyandang Disabilitas Intelektual di Sentra Terpadu Kartini Temanggung”. Kata Kunci: Pelatihan Vokasional, Penyandang Disabilitas Intelektual, Sentra Terpadu Kartini Temanggung

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback