Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Sekolah Dasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.
Loading...
Date
2024-10-03
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
RATU AYU FADIN AIMER AFFAN, 20.03.094. The Role of Parents in the
Learning Process of Elementary School Children Beneficiary Family
(KPM) Family Hope Program (PKH) in Manggarai Village, Tebet Subdistrict,
South Jakarta City. Supervised by ELLYA SUSILOWATI and
HARAPAN LUMBAN GAOL
The role of parents in the learning process is the expected behavior of KPM
PKH parents to carry out their duties and responsibilities in the child's learning
process. This study aims to provide an overview of the role of KPM PKH parents
as mentors, motivators, and facilitators in the learning process of elementary school
children. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach
using primary and secondary data. The research used a purposive sampling
technique to select nine (9) informants consisting of KPM parents, KPM children,
PKH social assistants in Manggarai Village, elementary school teachers, and
community leaders. Data collection was conducted through in-depth interviews,
observation, and documentation studies. The results showed the role of parents as:
1) Mentor, namely guiding directly and indirectly, 2) Motivator, namely by giving
appreciation and encouragement and 3) Facilitator, namely by providing learning
activity facilities and there are obstacles in creating an emotionally comfortable
learning environment. So with this, it is necessary to increase parents' understanding
so that they have sufficient knowledge in creating a comfortable learning
environment and good communication. Based on the results of the problem
analysis, a program proposal was prepared to increase the understanding of KPM
PKH parents in creating an emotionally comfortable learning environment with the
aim of increasing parents' understanding and ability to create a comfortable learning
environment for children so that they can learn effectively. A harmonious
relationship between parents and children must be built in the learning process.
Learning activities become a pleasant experience for children and can encourage a
sense of wanting to understand and know the learning material.
Kata Kunci: The Role of Parents, Learning Process, Beneficiary Family
(KPM) Family Hope Program (PKH).
ABSTRAK
RATU AYU FADIN AIMER AFFAN, 20.03.094. Peran Orang Tua Dalam
Proses Belajar Anak Sekolah Dasar Keluarga Penerima Manfaat
(KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Manggarai,
Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan. Dibimbing oleh ELLYA
SUSILOWATI dan HARAPAN LUMBAN GAOL
Peran orang tua dalam proses belajar adalah perilaku yang diharapkan dari
orang tua KPM PKH untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam proses
belajar anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai
peran orang tua KPM PKH sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator dalam
proses belajar anak Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan data primer
dan sekunder. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih
9 (sembilan) informan yang terdiri dari orang tua KPM, anak KPM, Pendamping
Sosial PKH di Kelurahan Manggarai, Guru SD, Tokoh Masyarakat. Pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua sebagai: 1) Pembimbing yaitu
membimbing secara langsung dan tidak langsung, 2) Motivator yaitu dengan
memberikan penghargaan dan memberikan semangat dan 3) Fasilitator yaitu
dengan memberikan fasilitas kegiatan belajar dan terdapat hambatan dalam
menciptakan lingkungan belajar yang nyaman secara emosional. Sehingga dengan
hal tersebut diperlukan adanya peningkatan pemahaman orang tua agar memiliki
pengetahuan yang cukup dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan
komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil analisis masalah disusun sebuah usulan
program peningkatan pemahaman orang tua KPM PKH dalam menciptakan
lingkungan belajar yang nyaman secara emosional dengan tujuan untuk
meningkatkan pemahaman dan kemampuan orang tua dalam menciptakan
lingkungan belajar yang nyaman bagi anak sehingga dapat belajar dengan efektif.
Dalam proses belajar, hubungan harmonis antara orang tua dan anak harus
dibangun dengan baik. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi pengalaman yang
menyenangkan bagi anak yang dapat mendorong rasa ingin memahami dan
mengetahui materi pembelajaran.
Kata Kunci: Peran orang tua, Proses Belajar, Keluarga Penerima Manfaat
Program Keluarga Harapan (PKH).
Description
Keywords
Peran orang tua, Proses Belajar, Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Peran orang tua, Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).