IMPLEMENTASI PROGRAM VOKASIONAL MEMBATIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS XI DI SLB NEGERI CILACAP JAWA TENGAH
Loading...
Date
2025-10-21
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
Maulani Zahra Febriyana, NRP 21.04.208. Implementasi Program Vokasional Membatik Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas XI Di SLB
Negeri Cilacap Jawa Tengah. Dibimbing oleh HARTONO LARAS dan WIWIT WIDIANSYAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program vokasional
membatik dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas XI di SLB Negeri
Cilacap, Jawa Tengah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam,
dan studi dokumentasi terhadap guru, pelatih, siswa, dan pihak sekolah. Fokus
penelitian mencakup lima aspek utama, yaitu pemberian pengetahuan,
keterampilan, penanaman sikap, pembentukan perilaku, serta faktor pendukung dan
penghambat dalam program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program
vokasional membatik dilaksanakan secara adaptif dengan pendekatan pembelajaran
berbasis praktik langsung, metode visual, dan dukungan interpersonal. Program ini
berhasil meningkatkan keterampilan teknis siswa seperti mencanting dan
mewarnai, serta membentuk sikap positif seperti kemandirian, disiplin, dan
tanggung jawab. Meski demikian, hambatan masih ditemukan, seperti keterbatasan
alat, waktu pelatihan yang terbatas, serta kurangnya dukungan eksternal. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa implementasi program vokasional membatik
memberikan dampak positif dalam pengembangan keterampilan siswa
berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, diperlukan penguatan program melalui
kolaborasi sekolah, pelatih, pemerintah, dan sektor industri untuk menjadikan
program ini berkelanjutan dan lebih berdampak.
Kata Kunci: Program Vokasional Membatik, Anak Berkebutuhan Khusus, Keterampilan Siswa.
Description
Keywords
Program Vokasional Membatik, Anak Berkebutuhan Khusus, Keterampilan Siswa.