PERILAKU ANAK BINAAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KOTA BANDUNG
Loading...
Date
2025-10-26
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
MUHAMMAD SULAIMAN BAGJA, NRP. 21.04.048, Perilaku Anak Binaan Melalui Program Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung. Dosen Pembimbing: YANA SUNDAYANI dan NENDEN RAINY SUNDARY.
Perilaku berasal dari niat dan menghasilkan tindakan, kebiasaan, atau respons
individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris
mengenai:1) Karakteristik responden, 2) Aspek Sikap, 3) Aspek norma subjektif,
dan 4) Aspek kontrol diri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 anak
binaan yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kota Bandung. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan
jumlah sampel 132 menggunakan aplikasi macorr. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, observasi dan studi dokumentasi. Skala pengukuran
penelitian ini menggunakan skala Likert. Uji validitas yang digunakan adalah
validitas muka (face validity), dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach
dengan hasil 0,841 > 0,7 (reliabilitas bagus). Hasil penelitian menunjukan perilaku
anak binaan pada kategori tinggi dengan skor 13.873 (87,58%). Aspek sikap
memiliki skor 4.706 (89,12%), norma subjektif 4.703 (89,07%), dan kontrol diri
4.464 (84,54%). Temuan penelitian menunjukan kontrol diri terhadap kekuatan
terhadap faktor eksternal yaitu pengaruh teman sebaya, sikap terhadap evaluasi
hasil perilaku dan memehuhi tekanan sosial perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu,
peneliti mengusulkan program JAGO DIRI (Jadi Anak Gaul, Optimis, dan Disiplin
Kontrol Diri) dengan metode social group work tipe kelompok socialization group
di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung.
Kata Kunci: Perilaku, Anak Binaan, Program Pembinaan
Description
Keywords
Perilaku, Anak Binaan, Program Pembinaan