Bimbingan Sosial bagi Anak Penyandang Disabilitas Intelektual di SLBN Sukapura Kota Bandung, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.
Loading...
Date
2024-02-21
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ABSTRAK
SERIFA TIFFANY 1904253. Bimbingan Sosial bagi Anak Penyandang
Disabilitas Intelektual di SLBN Sukapura Kota Bandung, Skripsi,
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Dosen Pembimbing:
Nurrohmi dan Ramli
Bimbingan sosial merupakan suatu layanan untuk membantu siswa mengenal dan
dapat berhubungan dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan gambaran mengenai Bimbingan Sosial bagi Anak Penyandang
Disabilitas Intelektual di SLBN Sukapura Kota Bandung yang mencakup
bimbingan sosial dalam kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis,
bimbingan sosial dalam kemampuan menerima dan mengemukakan pendapat,
bimbingan sosial dalam kemampuan kreatifitas dan produktifitas, dan bimbingan
sosial dalam kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasi
didapatkan dari berbagai sumber melalui wawancara mendalam (in-depth
interview), observasi (observation) dan studi dokumentasi. Informan dipilih dengan
teknik purposive dan kriteria informan dengan jumlah informan sebanyak empat
orang yang terdiri dari satu informan guru kelas SMALB C, satu orang guru kelas
SMPLB C, satu orang anak penyandang disabilitas intelektual, dan satu orang orang
tua dari anak penyandang disabilitas intelektual. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bimbingan sosial bagi anak penyandang disabilitas intelektual sudah
berjalan, namun masih terdapat hambatan dalam pemberian bimbingan sosial bagi
anak penyandang disabilitas intelektual. Program yang diusulkan adalah
“Peningkatan Kapasitas Guru dan Orang Tua melalui Educational Group di SLBN
Sukapura Kota Bandung” yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dan
orang tua dalam pemberian bimbingan sosial bagi anak penyandang disabilitas
intelektual di SLBN Sukapura Kota Bandung.
Kata Kunci: Bimbingan Sosial, Anak Penyandang Disabilitas Intelektual,
Sekolah Luar Biasa (SLB)
ABSTRACT
SERIFA TIFFANY 1904253. Social Guidance for Children with Intellectual
Disabilities at SLBN Sukapura Bandung City, Thesis, Bandung Social
Welfare Polytechnic. Supervisors: Nurrohmi and Ramli
Social guidance is a service to help students get to know and be able to relate to
their social environment. This study aims to get an overview of Social Guidance for
Children with Intellectual Disabilities at SLBN Sukapura Bandung City which
includes social guidance in the ability to communicate orally and in writing, social
guidance in the ability to receive and express opinions, social guidance in creativity
and productivity abilities, and guidance social skills in behavior and social
relations. The method used is descriptive method with a qualitative approach.
Information was obtained from various sources through in-depth interviews,
observation and documentation studies. Informants were selected using purposive
techniques and informant criteria with a total of four informants consisting of one
teacher informant for SMALB C class, one teacher for SMPLB C class, one child
with intellectual disabilities, and one parent of a child with intellectual disabilities.
The results of the study show that social guidance for children with intellectual
disabilities has been running, but there are still obstacles in providing social
guidance for children with intellectual disabilities. The proposed program is
"Increasing the Capacity of Teachers and Parents through Educational Groups at
SLBN Sukapura Bandung City" which aims to increase the capacity of teachers and
parents in providing social guidance for children with intellectual disabilities at
SLBN Sukapura Bandung City.
Keywords: Social Guidance, Children with Intellectual Disabilities, Special
Schools (SLB)
Description
Keywords
Bimbingan Sosial, Anak Penyandang Disabilitas Intelektual, Sekolah Luar Biasa (SLB)