Kontrol Sosial Guru Dalam Pencegahan Kenakalan Siswa di SMA Pasundan 1 Cianjur.
No Thumbnail Available
Date
2024-03-07
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ABSTRACT
FADYA SALSABILLA RAMADANTI, 1904246. Teacher's Social Control in
Preventing Student Delinquency in Pasundan 1 Cianjur High School.
Supervisors: Aep Rusmana and Hartono Laras.
Social control in this study refers to the efforts or actions of teachers in preventing
juvenile delinquency in students. The objectives in the study were to examine 1)
the characteristics of respondents, 2) teachers educate students, 3) teachers invite
students, 4) teachers force students. This research is motivated by the rampant
juvenile delinquency that occurs in schools so that it is necessary to prevent and
handle this problem. The method used in this research is descriptive method with
quantitative approach. The data sources used are primary sources and secondary
sources. The population in this study amounted to 81 students with the sampling
technique used was Proportionate stratified random sampling. while the data
collection techniques used were questionnaires and documentation studies with
rating scale measuring instruments, testing the validity of the research was face
validity test and reliability test using Alpha Cronbach. The results obtained show
that the teacher's social control in preventing delinquency is in the moderate
category where the aspects of educating and inviting are in the high category and
the aspect of forcing is in the moderate category. Therefore, the proposed program
is "SERASI (Seminar and Workshop on Prevention of Juvenile Delinquency in
Students) at Pasundan 1 Cianjur High School".
Keywords: Social Control, Teacher, Student Delinquency
ABSTRAK
FADYA SALSABILLA RAMADANTI, 1904246. Kontrol Sosial Guru Dalam
Pencegahan Kenakalan Siswa di SMA Pasundan 1 Cianjur. Dosen
Pembimbing: Aep Rusmana dan Hartono Laras.
Kontrol sosial dalam penelitian ini merujuk pada upaya atau tindakan guru dalam
pencegahan kenakalan siswa. Tujuan dalam penelitian adalah mengkaji 1)
karakteristik responden, 2) guru mendidik siswa, 3) guru mengajak siswa, 4) guru
memaksa siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kenakalan siswa
yang terjadi di sekolah sehingga perlu adanya pencegahan dan penanganan atas
permasalahan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendeketan kuantitaif. Sumber data yang digunakan adalah
sumber primer dan sumber sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81
siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified random
sampling. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi
dokumentasi dengan alat ukur rating scale, pengujian validitas pada penelitian yaitu
uji validitas muka (face validity) dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kontrol sosial guru dalam
pencegahan kenakalan berada dalam kategori sedang dimana pada aspek mendidik
dan mengajak berada pada kategori tinggi dan aspek memaksa berada pada kategori
sedang. Oleh karena itu, program yang diusulkan adalah “SERASI (Seminar dan
Workshop Pencegahan Kenakalan Remaja Pada Siswa) di SMA Pasundan 1
Cianjur”.
Kata Kunci : Kontrol Sosial, Guru, Kenakalan Siswa
Description
Keywords
Kontrol Sosial, Guru, Kenakalan Siswa