Persepsi Siswa Terhadap Perundungan di SMP Negeri 2 Kertek Kabupaten Wonosobo.
Loading...
Date
2024-08-06
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
NISA WIDI PRASASYA, 20.04.267. Students' Perception of Bullying at SMP
Negeri 2 Kertek Wonosobo Regency. Supervised by DENTI KARDETI
and HARTONO LARAS.
Perception is the process of receiving a stimulus with a person's sensory organs
which then the stimulus is passed on and continued with the perception process.
This study aims to obtain an overview of: 1) characteristics of respondents, 2)
students' cognition of bullying, 3) students' affection towards bullying, 4) students'
conation towards bullying. This research uses a quantitative approach with
descriptive methods. The sample in this study were 58 respondents who were taken
using proportionate stratified random sampling. The data collection techniques used
were: 1) questionnaire, 2) documentation study, 3) interview, 4) observation. The
validity test of the measuring instrument uses face validity and the reliability test
uses Cronbach's alpha. The results of this study indicate that students' perceptions
of bullying at SMP Negeri 2 Kertek Wonosobo Regency are in the good category
towards the very good category. The results of this study are based on each existing
aspect such as cognition, affection and conation. In the cognition aspect, it is
included in the good category with a score of 2,194, in the affection aspect it is
included in the very good category with a score of 2,428 and in the conation aspect
it is included in the good category with a score of 2,192. Based on the results of the
study, the researcher proposed a program called "PEPSI" (Increasing Student
Knowledge, Understanding and Empathy). The purpose of implementing this
program is to increase the knowledge, understanding and empathy of students at
SMP Negeri 2 Kertek Wonosobo Regency regarding bullying.
Keywords: Perception, Bullying, School
ABSTRAK
NISA WIDI PRASASYA, 20.04.267. Persepsi Siswa Terhadap Perundungan di
SMP Negeri 2 Kertek Kabupaten Wonosobo. Dibimbing oleh DENTI
KARDETI dan HARTONO LARAS.
Persepsi adalah proses penerimaan stimulus dengan alat indera seseorang yang
kemudian stimulus diteruskan dan dilanjutkan dengan proses persepsi. Penelitian
ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara umum tentang : 1) karakteristik
responden, 2) kognisi siswa terhadap perundungan, 3) afeksi siswa terhadap
perundungan, 4) konasi siswa terhadap perundungan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah
58 responden yang diambil menggunakan proportionate stratified random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) kuesioner, 2) studi
dokumentasi, 3) wawancara, 4) observasi. Uji validitas alat ukur menggunakan
validitas muka dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap perundungan di SMP
Negeri 2 Kertek Kabupaten Wonosobo berada pada kategori baik menuju kategori
sangat baik. Hasil penelitian ini didasarkan pada tiap aspek yang ada seperti
kognisi, afeksi dan konasi. Pada aspek kognisi termasuk dalam kategori baik
dengan skor 2.194, pada aspek afeksi termasuk dalam kategori sangat baik dengan
skor 2.428 dan pada aspek konasi termasuk dalam kategori baik dengan skor 2.192.
Berdasarkan hasil dari penelitian, peneliti mengusulkan program dengan nama
“PEPSI” (Peningkatan Pengetahuan, Pemahaman dan Empati Siswa). Tujuan dari
pelaksanaan program ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan
empati siswa di SMP Negeri 2 Kertek Kabupaten Wonosobo mengenai
perundungan.
Kata Kunci: Persepsi, Perundungan, Sekolah
Description
Keywords
Persepsi, Perundungan, Sekolah