Motivasi Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di SMA Negeri 19 Bandung.

Abstract

CHANDRA FRANS SITANGGANG, 20.04.056, Motivasi Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di SMA Negeri 19 Bandung. Dosen Pembimbing Catur Hery Wibawa dan Ade Subarkah. Motivasi belajar merupakan dorongan perilaku yang berasal dari dalam diri individu ataupun dari luar atau lingkungan yang mempengaruhi dorongan belajar seseorang. Motivasi belajar membantu individu dalam kegiatan belajarnya di sekolah sehingga mempenagruhi prestasi akademiknya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang motivasi belajar siswa di SMA Negeri 19 Bandung. Aspek dalam motivasi belajar dibedakan menjadi dua jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi berjumlah 672orang dan memiliki sampel sebanyak 74orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan rating scale. Uji validitas menggunakan face validity dan construct validity. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa didominasi dalam kategori sedang dan bahkan ada yang rendah. Motivasi kategori sedang sudah termasuk motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri siswa yang masih belum tergolong tinggi dikarenakan masih adanya perilaku-perilaku yang menunjukkan kurangnya motivasi intrinsik mereka sedangkan motivasi ekstrinsik yang berasal dari pengaruh lingkungan sekolah masih adanya kejenuhan maupun kebosanan di kelas, saat berada di rumah masih adanya perilaku yang menunjukkan kalau pengaruh orang tua sangat berperan penting di dalam motivasi ekstrinsik anak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap motivasi belajar siswa ini sehingga menghasilkan analisis masalah, analisis kebutuhan dan sistem sumber yang dibutuhkan, maka peneliti merekomendasikan suatu program yaitu “Motivasi Kuat, Prestasi Hebat”. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehinggadapatmengembangkanprestasiakademiknya. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa, Prestasi Akademik ABSTRACT CHANDRA FRANS SITANGGANG, 20.04.056, Student Learning Motivation in Improving Academic Achievement at SMA Negeri 19 Bandung. Supervisor Lecturers by Catur Hery Wibawa and Ade Subarkah. Motivation to learn is a behavioral impulse that comes from within the individual or from outside or the environment that influences a person's motivation to learn. Motivation to learn helps individuals in their learning activities at school so that it influences their academic achievement at school. This research aims to obtain an empirical picture of student learning motivation at SMA Negeri 19 Bandung. Aspects of learning motivation are divided into two types, namely intrinsic motivation and extrinsic motivation. The approach in this research uses a quantitative approach with descriptive methods. The population was 672 people and had a sample of 74 people. Data collection techniques used questionnaire distribution and documentation studies. The measuring instrument in this research uses a rating scale. Validity test uses face validity and construct validity. Reliability test uses Cronbach's Alpha. The results of this research show that students' learning motivation is predominantly in the medium category and some are even low. Medium category motivation includes intrinsic motivation that comes from within the students which is still not classified as high because there are still behaviors that show their lack of intrinsic motivation, while extrinsic motivation that comes from the influence of the school environment is still boredom and boredom in class, while in class. At home there is still behavior that shows that parental influence plays a very important role in children's extrinsic motivation. Based on the results of the analysis carried out by the researcher on student learning motivation which resulted in a problem analysis, needs analysis and required resource system, the researcher recommends a program namely "Strong Motivation, Great Achievement". The aim of this program is to increase students' learning motivation so that they can develop their academic achievements. Keywords: MotivationtoLearn,Student,AcademicAchievements.

Description

Keywords

Motivasi Belajar, Siswa, Prestasi Akademik

Citation

Collections