Kontrol Diri Siswa Dengan Perilaku Membolos di Sekolah Menengah Kejuruan YP 17-1 Madiun.

Abstract

MENTARI WULANDARI, NRP. 2004146, Kontrol Diri Siswa Dengan Perilaku Membolos di Sekolah Menengah Kejuruan YP 17-1 Madiun, Dibimbing oleh Catur Hery Wibawa dan Ade Subarkah. Kontrol diri merupakan kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi dan kemampuan untuk mengendalikan perilaku agar sesuai untuk orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran nyata dan data empiris tentang : (1) karakteristik responden; (2) kontrol perilaku; (3) kontrol kognitif; (4) kontrol keputusan membolos di SMK YP 17-1 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Alat utama yang digunakan adalah kuesioner dan dilengkapi dengan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, validitas intrumen diuji menggunakan face validity dengan mengkonsultasikan kepada para dosen pembimbing. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa yang diambil dari kelas 10 berjumlah 17 siswa dan kelas 11 berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri siswa dalam perilaku membolos berada pada kategori tinggi. Hal ini berdasarkan jumlah nilai pada tiap aspek yang menunjukkan tinggi, diantaranya adalah kontrol perilaku dengan skor sebanyak 1.685 dari skor ideal 2.080, kontrol kognitif sebanyak 1.474 dari skor ideal 1.872 dan kontrol keputusan sebanyak 2.646 dari skor ideal 1.872. aspek kontrol perilaku menunjukkan nilai tertinggi dan kontrol keputusan menunjukkan nilai terendah. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti terkait hasil analisis penelitian, analisis masalah, analisis kebutuhan dan sistem sumber yang ada, maka peneliti merekomendasikan suatu alternative program pemecahan masalah yaitu “GEBRAK” (Gerakan Anti Membolos). Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kontrol diri siswa dalam perilaku membolos sekolah. Kata kunci : Kontrol Diri, Siswa, Bolos Sekolah. ABSTRACT MENTARI WULANDARI, NRP. 2004146, Students’ Self Control In Truant Behavior in Vocational High Schools YP 17-1 Madiun, Supervised by Catur Hery Wibawa dan Ade Subarkah. Self-control is the ability to control and manage behavioral factors according to situations and conditions to present oneself in socialization and the ability to control behavior so that it is suitable for other people. This research was conducted to obtain a real picture and empirical data about: (1) characteristics of respondents; (2) behavioral control; (3) cognitive control; (4) control of truant decisions at SMK YP 17-1 Madiun. This research uses a quantitative approach and descriptive methods. The main tool used is a questionnaire and is complemented by documentation studies. The sampling technique was carried out using the Slovin formula, the validity of the instrument was tested using face validity by consulting the supervisors. The sample in this study was 52 students taken from class 10 totaling 17 students and class 11 totaling 35 students. The research results show that students' self-control in truant behavior is in the high category. This is based on the number of scores for each aspect that shows high, including behavioral control with a score of 1,685 from an ideal score of 2,080, cognitive control of 1,474 from an ideal score of 1,872 and decision control with a score of 2,646 from an ideal score of 1,872. the behavioral control aspect shows the highest value and decision control shows the lowest value. Based on the results of the analysis carried out by the researcher regarding the results of research analysis, problem analysis, needs analysis and existing resource systems, the researcher recommends an alternative problem solving program, namely "GEBRAK" (Anti Truancy Movement). The aim of this program is to increase students' self-control in their school truancy behavior. Keywords : Self Control, Students, School Skills.

Description

Keywords

Kontrol Diri, Siswa, Bolos Sekolah

Citation

Collections