Social Worker Master Student
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Social Worker Master Student by Author "Denti Kardeti"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Model Pengembangan Virtual Collaboration System pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga untuk Menurunkan Angka Putus Sekolah(Perpustakaan, 2023-12) DYAH NUR KHASANAH 20.01.027; Lina Favourita Sutiaputri; Denti KardetiABSTRACT DYAH NUR KHASANAH 20.01.027. Development Virtual Collaboration System in Family Development Session to Reduce Dropout Rates. Supervisor: Lina Favourita Sutiaputri and Denti Kardeti Family Development System (FDS) in the Program Keluarga Harapan (PKH) are one of the efforts to change the behavior of beneficiary families (KPM) in their daily lives towards improving social welfare both in the aspects of education, health and fulfillment of needs. The Virtual Collaboration System is the result of P2K2 technology engineering by utilizing Information and Communication Technology in delivering children's education materials by involving the surrounding environment through the formation of Community Work Teams (TKM). This study aims to: 1) Describe the initial model of the Virtual Collaboration System at the Family Development Session, 2) Formulate plans for the Development of the Virtual Collaboration System Model at the Family Development Session, 3) Implement the Virtual Collaboration System at the Family Development Session, 4) Develop the final model for the Development of the Virtual Collaboration Model System at the Family Development Session to Reduce School Drop Out Rates. This research was conducted in Srengseng Village, Kembangan District, West Jakarta City. This research was carried out using qualitative methods with an action research design. Data collection techniques were carried out using interview techniques, focus group discussions, participatory observation and documentation studies. Checking the validity of the data used is the credibility test (internal validity), the transferability test (external validity), the dependability test (reliability) and the confirmability test (objectivity). The research results show that P2K2 activities are still not running optimally due to several factors, namely being hampered by pandemic conditions, the large number of KPMs, and also KPMs who work.. This causes FDS to have no impact on the quality of education of KPM PKH children to reduce dropout rates. The results of the implementation of the Virtual Collaboration System at the Family Development Session (FDS) have an impact on optimizing the learning process through the use of Information and Communication Technology and by involving the surrounding environment through the formation of TKM. Keywords: Virtual Collaboration System,FDS, Education ABSTRAK DYAH NUR KHASANAH 20.01.027. Model Pengembangan Virtual Collaboration System pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga untuk Menurunkan Angka Putus Sekolah. Dosen Pembimbing: Lina Favourita Sutiaputri dan Denti Kardeti ×Kegiatan Peningkatan Kemampuan Keluarga dalam Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu upaya untuk mengubah perilakuk Keluarga penerima manfaat (KPM) dalam kehidupan sehari-hari kearah peningkatan kesejahteraan sosial baik dalam aspek pendidikan, kesehatan dan pemenuhan kebutuhan. Virtual Collaboration System merupakan hasil rekayasa teknologi P2K2 dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyampaian materi Pendidikan anak dengan melibatkan lingkungan sekitar melalui pembentukan Tim Kerja Masyarakat (TKM). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan model awal Virtual Collaboration System, 2) Merumuskan perencanaan Pengembangan Model Virtual Collaboration System Pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, 3) Mengimplementasikan Virtual Collaboration System Pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, 4) Menyusun model akhir Pengembangan Model Virtual Collaboration System Pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Untuk Menurunkan Angka Putus Sekolah. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, diskusi kelompok terfokus, observasi partisipatif serta studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji dependability (reliabilitas) serta uji confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan P2K2 masih belum berjalan optimal karena beberapa faktor yaitu terkendala kondisi pandemi, jumlah KPM yang banyak, dan juga KPM yang bekerja. Hal ini menyebabkan P2K2 belum berdampak pada kualitas pendidikan Anak KPM PKH untuk menurunkan angka putus sekolah. Hasil dari implementasi Virtual Collaboration System pada Pertemuan Peningkatan Keluarga memberikan dampak optimalisasi proses pembelajaran melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dengan melibatkan lingkungan sekitar melalui pembentukan TKM. Kata Kunci: Virtual Collaboration System, P2K2, PendidikanItem Pengembangan Teknik Brainstorming Visualization In Partisipatory Class Pada Identifikasi Alternatif Kebijakan Penyandang Disabilitas di Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur.(Perpustakaan, 2023-12-28) Sugeng Esa Saputro, 21.01.010.; Dibimbing oleh Dede Kuswanda; Denti KardetiABSTRAK Sugeng Esa Saputro, 21.01.010. Pengembangan Teknik Brainstorming Visualization In Partisipatory Class Pada Identifikasi Alternatif Kebijakan Penyandang Disabilitas di Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur. Dibimbing oleh Dede Kuswanda, dan Denti Kardeti. Penyandang disabilitas diartikan sebagai orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik, yang dalam berinteraksi dapat mengalami hambatan dan kesulitan. Penyandang disabilitas perlu mendapatkan dukungan dan perlindungan, yang mana untuk mendapatkan itu semua diperlukan kebijakan yang sah. Kebijakan bagi penyandang disabilitas di Kota Administrasi Jakarta Timur adalah usaha Pemerintah dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang salah satunya dilaksanakan oleh Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian ini menindaklanjuti praktikum rekayasa teknologi analisis kebijakan sosial yang bertujuan untuk mengembangkan teknik brainstorming visualization in partisipatory (VIP) class pada identifikasi alternatif kebijakan penyandang disabilitas di Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Timur. Teknik ini dikembangkan untuk mempermudah dan meningkatkan kreatifitas serta partisipasi peserta brainstorming untuk mengeluarkan ide gagasannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian Participatory Action Research (PAR) dan disajikan secara deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah semua pernyataan dan tindakann yang ditunjukan oleh informan dan peserta yang terdiri dari para pelaksana kebijakan di Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukan kebutuhan 1) pengembangan desain model kearah digitalisasi 2) penggunaan tools digital 3) paparan mengenai isu masalah dan prediksi diinformasikan lebih awal 4) ide gagasan yang muncul disampaikan secara langsung untuk mendorong peserta lain lebih kreatif. Penggunaan forum online dan tools digital yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan di era sekarang ini. Kemudian kesibukan para pelaksana kebijakan dinilai menjadi kendala ketika melakukan kegiatan secara tatap muka. Tools digital juga lebih beragam, menarik, dan sesuai dengan era smartphone dari pada tools konvensional seperti kertas dan papan tulis. Oleh karena itu, teknik brainstorming VIP class dikembangkan menjadi forum online dalam aplikasi digital. Desain akhir penelitian ini dikembangkan menjadi dua bagian yaitu tahap persiapan dan sesi virtual yang menggunakan berbagai fitur dalam aplikasi digital. Kata kunci :penyandang disabilitas, brainstorming, identifikasi alternatif kebijakan, Sudinsos Jakarta Timur ABSTRACT Sugeng Esa Saputro, 21.01.010. Development of Brainstorming Visualization Techniques In Participatory Class on Identification of Alternative Policies for Persons with Disabilities in the East Jakarta Administrative City Social Service Sub-Department. Supervised by Dede Kuswanda, and Denti Kardeti. Persons with disabilities are defined as people who experience physical, intellectual, mental, and/or sensory limitations that, in interaction, may cause obstacles and difficulties. Persons with disabilities need to get support and protection, which requires legal policies to get all of that. The policy for persons with disabilities in the East Jakarta Administrative City is the Government's effort to respect, protect, and fulfill the rights of persons with disabilities, one of which is carried out by the East Jakarta Administrative City Social Service (Sudinsos). This research follows up on the social policy analysis technology engineering practicum, which aims to develop a brainstorming visualization in participatory (VIP) class technique for identifying alternative policies for persons with disabilities in the East Jakarta Administrative City Sub-Department of Social Affairs. This technique was developed to simplify and increase the creativity and participation of brainstorming participants in expressing their ideas. This research method uses a qualitative approach with a Participatory Action Research (PAR) research design and is presented descriptively. The data sources for this research were all statements and actions shown by informants and participants consisting of policy implementers at the East Jakarta Administrative City Social Service Sub-Department. The results of this study indicate the need for 1) developing model designs towards digitization 2) using digital tools 3) Exposure to issues and predictions informed earlier 4) Ideas that arise are conveyed directly to encourage other participants to be more creative. The use of online forums and digital tools that are considered more in line with the needs of today's era Then the busyness of policy implementers is considered an obstacle when carrying out face-to-face activities. Digital tools are also more diverse, interesting, and in accordance with the smartphone era than conventional tools such as paper and whiteboards. Therefore, the VIP class brainstorming technique was developed into an online forum for digital applications. The final design of this study was developed into two parts, namely the preparation stage and virtual sessions that use various features in digital applications. Keywords: Persons with disabilities, brainstorming, alternative policy assistance, East Jakarta Social Service