Browsing by Author "Dede Kuswanda"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
Item Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Materi Belajar Siswa SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung skripsi Tahun 2023 Poltekesos Bandung.(Perpustakaan, 2024-10-15) Nabila Putri Aulia, 17.04.121.; Enkeu Agiati; Dede KuswandaNabila Putri Aulia, 17.04.121. The Impact of Online Learning on Students' Understanding of Learning Materials in SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung, Bandung Social Welfare Polytechnic. Advisors by Enkeu Agiati and Dede Kuswanda This research aims to provide a general overview of the Impact of Online Learning on the Understanding of Learning Materials by students at SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung. The study employs a quantitative approach with a descriptive method, involving 108 students as respondents. The measurement tool used is the Likert scale. Data collection techniques include questionnaires and documentary studies. The validity of the measurement tool is tested through construct validity. and reliability is examined using the Cronbach's Alpha with the assistance of the Statistical Product and Services Solution (SPSS) application. Quantitative data analysis techniques are applied. The research results indicate that the overall total score from 108 respondents is 6.131. It is revealed that the total score of 6.131 for the impact on understanding learning materials in The Impact Of Online Learning On Respondents’ Knowledge, The Impact Of Online Learning On Respondens’ Perspectives, and The Impact Of Online Learning On Respondents’ Interpretations falls into the medium category. Based on the analysis of needs and resources, a program is proposed, titled "Blended Learning Enhancing Understanding of Learning Materials for Grade XIII Students at SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung". It is hoped that this program can assist students in better comprehending the provided learning materials. Keywords : Online Learning, Hybrid Learning, Student, Impact Of Online Learning ABSTRAK Nabila Putri Aulia, 17.04.121. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Materi Belajar Siswa SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung skripsi Tahun 2023 Poltekesos Bandung. Pembimbing Enkeu Agiati dan Dede Kuswanda Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum mengenai Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Materi Belajar Siswa SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei deskriptif, dengan responden 108 siswa Alat ukur yang digunakan skala Likert. Teknik pengumpulan data dengan angket dan studi dokumentasi. Uji validitas alat ukur menggunakan validitas kontruksi dan uji realiabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Services Solution (SPSS) Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor total keseluruhan dari 108 responden adalah 6.131. Skor total 6.131 dari Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pengetahuan Responden, Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perspektif (Sudut Pandang) Responden, dan Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Interpretasi Responden berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis masalah kebutuhan dan sumber maka diusulkan program "Pembelajaran Bauran Meningkatkan Pemahaman Materi Belajar Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Baleendah Kabupaten Bandung". Diharapkan program bisa membantu siswa bisa lebih memahami materi pembelajaran yang diberikan dengan lebih baik. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bauran, Siswa, Dampak dan Solusi Pembelajaran DaringItem Implementasi Triple Bottom Line dalam Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT. Accor Asia Pacific (AAPC) Indonesia di Yayasan Peduli Tunas Bangsa Jakarta,(Perpustakaan, 2024-01-23) HARIS ABDUL YAMIN, 19.03.68.; Dede Kuswanda; SuradiABSTRAK HARIS ABDUL YAMIN, 19.03.68. Implementasi Triple Bottom Line dalam Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT. Accor Asia Pacific (AAPC) Indonesia di Yayasan Peduli Tunas Bangsa Jakarta, Dibimbing oleh Dede Kuswanda dan Suradi Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya harus memperhatikan kesejahteraan sosial dan lingkungan di sekitarnya. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan pada masyarakat atas dampak yang diakibatkan aktivitas perusahaan. Pelaksanaan CSR kemudian dikembangkan dalam bentuk tiga pilar dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi konsep Triple Bottom Line (people, planet, profit) oleh yayasan di sanggar ATFAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung (participation observation), wawancara mendalam (in depth interview), dan studi dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel tertuju (purposive sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan perusahaan melalui yayasan telah menjalankan unsur profit dengan mengembangkan produktivitas stakeholder yang terlibat, menerapkan efisiensi biaya di berbagai sektor, memperhatikan unsur fair trade dan etchical trade dan berhasil menciptakan citra baik bagi perusahaan beserta hotel di bawahnya. Unsur people dijalankan dalam bentuk transfer knowledge melalui pelibatan pemangku kepentingan dan karyawan hotel, kepedulian pada masyarakat, dan pelibatan pelanggan hotel, namun belum melibatkan orang tua anak asuh. Unsur planet dibentuk melalui upaya penanaman kesadaran menjaga lingkungan pada anak asuh dan penghematan energi yang dijalankan hotel. Perusahaan melalui Yayasan Peduli Tunas Bangsa juga telah memperhatikan paradigma hasil program CSR yakni unsur partnership (kemitraan) dan prosperity (kemakmuran). Berdasarkan analisis masalah penelitian, peneliti mengusulkan program bernama ATFAC for Parents dengan tujuan membangun hubungan baik antara orang tua dengan pengurus yayasan melalui peningkatan pelibatan orang tua dalam program ATFAC. Kata Kunci : Implementasi, Corporate Social Responsibility (CSR), Triple Bottom Line (TBL)Item LAPORAN PRAKTIKUM KOMUNITAS PRODI LINDAYASOS - Peningkatan pemahaman masyarakat tentang perlindungan sosial melalui penyuluhan sosial di Desa cikarag(Perpustakaan, 2024-04-17) Ilham Nur Dzikri Nugraha; Dede KuswandaItem Model Pendidikan Pola Pengasuhan Anak Bagi Keluarga Pekerja Migran Indonesia di Desa Pamayahan Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu.(Perpustakaan, 2024-01-02) Sharah Marcherie, 21.01.033.; Dede Kuswanda; Denti Kardeti.ABSTRAK Sharah Marcherie, 21.01.033. Model Pendidikan Pola Pengasuhan Anak Bagi Keluarga Pekerja Migran Indonesia di Desa Pamayahan Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Dibimbing oleh Dede Kuswanda dan Denti Kardeti. Nasib anak sebagai generasi penerus bangsa tidak jauh dari kehadiran orang tua yang memainkan peranan penting dalam mendukung aspek pendidikan anak melalui pemberian pola asuh yang benar. Namun, berbeda nasibnya dengan anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kurang mendapatkan pengasuhan yang benar karena pola asuh dilakukan secara tunggal atau alternatif oleh keluarganya. Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Indramayu hadir untuk membantu aspek pendidikan anak dengan memberikan edukasi nonformal secara regular melalui model kegiatan Sekolah Nusantara. Namun, hasil pengkajian menunjukkan bahwa dukungan terhadap aspek pendidikan anak tidak cukup jika melalui pengembangan anaknya saja. Oleh karena itu, diperlukannya model pengembangan dengan memberikan edukasi tentang pola pengasuhan anak bagi orang tua/pengasuhnya. Penelitian yang dilakukan merupakan lanjutan dari kegiatan praktikum sebelumnya dengan tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang 1) model awal Sekolah Nusantara melalui pendidikan pola pengasuhan anak, 2) rencana implementasi model, 3) implementasi model, 4) evaluasi model, dan 5) model akhir Sekolah Nusantara melalui pendidikan pola pengasuhan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan partisipatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Kerja Masyarakat (TKM) mampu terlibat dalam implementasi model dimulai dari tahap persiapan hingga evaluasi. Akan tetapi, terdapat kebutuhan untuk menyempurnakan model awal dengan menambahkan menambahkan tahapan asesmen untuk pengkajian sistem sumber, tahapan terminasi untuk pengakhiran implementasi kegiatan, dan tahapan keberlanjutan sebagai upaya tindak lanjut. Selain itu, perlunya dijelaskan output dari setiap tahapan model untuk mempermudah pencapaian tujuan model. Kata kunci: Edukasi nonformal, Pola pengasuhan anak, Anak-anak PMI, Desa Pamayahan. ABSTRACT Sharah Marcherie, 21.01.033. Educational Model of Parenting Patterns for Families of Indonesian Migrant Workers in Pamayahan Village, Lohbener District, Indramayu Regency. Advised by Dede Kuswanda and Denti Kardeti. The fate of children as the nation's next generation is not far from the presence of parents who play an important role in supporting aspects of children's education through providing the right parenting style. However, the fate of the children of Indonesian Migrant Workers is different, who do not get proper care because the parenting style is carried out singly or alternatively by their families. The Nusantara Children's Smile Community Indramayu is here to help with aspects of children's education by providing regular non-formal education through the Nusantara School activity model. However, the results of the study show that support for aspects of children's education is not enough if only through the development of their children. Therefore, a development model is needed by providing education about parenting patterns for parents/caregivers. The research carried out is a continuation of previous practicum activities with the aim of research to obtain an overview of 1) the initial model of Nusantara School through childcare education, 2) model implementation plans, 3) model implementation, 4) model evaluation, and 5) the final model of Nusantara School through childcare education. The method used in this research is participatory action research with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews, participatory observation, documentation studies, and focus group discussions. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the Community Work Team (TKM) was able to be involved in the implementation of the model starting from the preparation stage to the evaluation. However, there is a need to refine the initial model by adding an assessment stage for source system assessment, a termination stage for ending activity implementation, and a sustainability stage as a follow-up effort. In addition, it is necessary to explain the output of each stage of the model to facilitate the achievement of model objectives. Keywords: Non-formal education, Parenting patterns, Children of Indonesian Migrant Workers, Pamayahan Village.Item Pengembangan Desain Pemberdayaan Pemulung oleh Motivator Ketahanan Pangan dalam Program Pertanian Perkotaan di Yayasan Swara Peduli Indonesia Jakarta.(Perpustakaan, 2024-10-10) PUTRI MAISAROH. 2201025.; Dede Kuswanda; Yana SundayaniPUTRI MAISAROH. 2201025. The Development of Empowerment Design for Waste Pickers by Food Security Motivators in The Urban Farming Program at Swara Peduli Indonesia Jakarta Foundation. Supervised by: Dede Kuswanda and Yana Sundayani. Waste pickers are part of the urban poor community whose daily activities are in the informal sector. This profession does not require formal qualifications, is easy to perform, does not demand special skills, and is not bound by specific working hours. Waste pickers who are empowered through empowerment programs naturally experience positive impacts on their welfare conditions. The Swara Peduli Indonesia Foundation in Jakarta also implements poverty alleviation efforts based on empowerment programs that address the agricultural and food sectors for the waste picker community. However, a current phenomenon reveals that the foundation faces unique challenges after the empowerment program is implemented, namely maintaining the consistency of waste pickers in saving waste and properly caring for the plant seeds provided. The purpose of this paper is to identify and refine the development of the Empowerment Design for Waste Pickers by Food Security Motivators in the Urban Farming Program to address the obstacles and challenges faced by the foundation. This study employs a qualitative approach using the Participatory Action Research (PAR) method through techniques such as Focus Group Discussions (FGD), semi-structured interviews, observations, and literature reviews. The primary data sources in this study are participants consisting of key foundation administrators, farmer group members, and food security motivators. The research begins with a reflection on the initial design, followed by the formulation of design improvement needs, and then the design is tailored to the needs of the research locus. Once the design is established, it is implemented at the research locus and concludes with an evaluation to obtain recommendations for a better design. The results of the technological engineering design implementation show that the Empowerment Design for Waste Pickers by Food Security Motivators in the Urban Farming Program can be effectively implemented, and the presence of food security motivators can enhance the consistency of waste pickers in sustaining the agricultural cycle. Keywords: Empowerment, Waste Pickers, Motivators, Food Security, Urban Agriculture ABSTRAK PUTRI MAISAROH. 2201025. Pengembangan Desain Pemberdayaan Pemulung oleh Motivator Ketahanan Pangan dalam Program Pertanian Perkotaan di Yayasan Swara Peduli Indonesia Jakarta. Dibimbing: Dede Kuswanda dan Yana Sundayani. Pemulung termasuk dalam komunitas miskin perkotaan yang aktivitas kesehariannya berada di sektor informal dimana profesi ini tidak memerlukan persyaratan formal, pekerjaan yang mudah dilakukan, tanpa keterampilan khusus, dan tidak terikat dengan waktu kerja tertentu. Pemulung yang diberdayakan melalui program pemberdayaan tentunya mendapat dampak positif terhadap kondisi kesejahteraan. Upaya pengentasan kemiskinan berbasis program pemberdayaan yang menyentuh sektor pertanian dan pangan bagi komunitas pemulung juga turut dilaksanakan oleh Yayasan Swara Peduli Indonesia Jakarta. Namun, fenomena saat ini, yayasan menghadapi tantangan tersendiri setelah program pemberdayaan dilaksanakan yaitu menjaga konsistensi pemulung untuk menabung sampah dan merawat bibit tanaman yang diberikan dengan baik. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menyempurnakan pengembangan desain Pemberdayaan Pemulung oleh Motivator Ketahanan Pangan dalam Program Pertanian Perkotaan, untuk menjawab hambatan dan tantangan yang dialami yayasan. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Participatory Action Research (PAR) melalui teknik Focus Group Discussion (FGD), wawancara semi terstruktur, observasi, dan literature review. Sumber data primer dalam penulisan ini adalah partisipan yang terdiri dari pengurus inti yayasan, anggota kelompok tani dan motivator ketahanan pangan. Penelitian diawali dengan refleksi terhadap desain awal, kemudian merumuskan kebutuhan perbaikan desain dan merancang desain sesuai dengan kebutuhan lokus penelitian. Setelah desain terbentuk maka dilakukan implementasi rancangan desain pada lokus penelitian dan diakhiri dengan evaluasi untuk mendapatkan rekomendasi desain yang lebih baik. Hasil implementasi desain rekayasa teknologi bahwa desain Pemberdayaan Pemulung oleh Motivator Ketahanan Pangan dalam Program Pertanian Perkotaan dapat diimplementasikan dan kehadiran motivator ketahanan pangan dapat meningkatkan konsistensi pemulung untuk menjalankan siklus pertanian secara berkelanjutan. Kata Kunci: Pemberdayaan, Pemulung, Motivator, Ketahanan Pangan, Pertanian Perkotaan