Social Rehabilitation
Permanent URI for this collection
Undergraduate Theses on Program Study of Social Rehabilitation
Browse
Browsing Social Rehabilitation by Subject "Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Dukungan Sosial Guru dan Siswa Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 35 Bandung,(Perpustakaan, 2024-09-17) SERLA GANTINA, NRP. 20.02.108.; TUKINO; SULISTYARY ARDIYANTIKASERLA GANTINA, NRP. 20.02.108. Dukungan Sosial Guru dan Siswa Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 35 Bandung, Dibimbing oleh TUKINO dan SULISTYARY ARDIYANTIKA Pemenuhan hak pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Indonesia diselenggarakan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi pada sekolah regular dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Pada sekolah regular yang menyelenggarakan pendidikan inklusi diperlukan pengetahuan dan keterampilan bagi pendidik serta siswa untuk bisa memahami kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Skripsi ini meneliti tentang dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan siswa pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPN 35 Bandung. Penelitian ini mengkaji aspek-aspek dukungan sosial yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukugan instrumental dan dukungan informasi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tujuh informan yang terdiri dari tiga orang guru, dua orang siswa dan dua orang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial telah diberikan oleh guru dan siswa pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), namun dalam pemberian dukungan sosial dalam aspek dukungan emosional dan dukungan informasi masih belum maksimal dan dirasakan oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dengan demikian, untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti melihat adanya kebutuhan dalam peningkatan kapasitas mengenai kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) serta perlunya pelatihan keterampilan dalam pemberian dukungan sosial yang meliputi aspek dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informasi. Peneliti mengusulkan program “SERASA: Sekolah Ramah Siswa Anak Berkebutuhan Khusus” dalam bentuk peningkatan kapasitas mengenai kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan dukungan sosial. Kata Kunci: Sekolah Inklusi, Dukungan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ABSTRACT SERLA GANTINA, NRP. 20.02.108. Social Support for Children with Special Needs at State Junior High School 35 in Bandung. Supervised by TUKINO and SULISTYARY ARDIYANTIKA The fulfillment of educational rights for children with special needs in Indonesia is carried out by providing inclusive education in regular schools and special education schools. In regular schools that provide inclusive education, knowledge and skills are needed for educators and students to be able to understand the needs of children with special needs. This thesis examines the social support provided by teachers and students to children with special needs at SMPN 35 Bandung. This research examines aspects of social support, namely emotional support, appreciation support, instrumental support, and information support. The method used is a qualitative approach in descriptive form with in-depth interview techniques, observation, and documentation studies. The data sources in this research were seven informants consisting of three teachers, two students, and two children with special needs. The research results show that social support has been provided by teachers and students for Children with Special Needs; however, the provision of social support in the aspects of emotional support and information support is still not optimal and is felt by children with special needs. Thus, to answer these problems, researchers see a need to increase capacity regarding the needs of children with special needs as well as the need for skills training in providing social support, which includes aspects of emotional support, appreciation support, instrumental support, and information support. Researchers propose the "SERASA: Student-Friendly School for Children with Special Needs" program in the form of increasing capacity regarding the needs of Children with Special Needs and social support. Keywords: Inclusive Schools, Social Support, Children with Special Needs