"Efektivitas Program Pojok Baca Digital (POCADI) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Literasi Digital Penerima Manfaat di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Kota Bekasi"
Loading...
Date
2024-10-02
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
IZZUL FIKRI, NRP 20.02.056. "The Effectiveness of the Digital Reading
Corner (POCADI) Program in Improving Reading and Writing Skills
through Digital Literacy of Beneficiaries at the Pangudi Luhur
Integrated Center, Bekasi City”. Supervisors: Tukino and Sulistyary
Ardiyantika.
This study aims to analyze: 1) Program Understanding, 2) Target Accuracy, 3)
Timeliness, 4) Goal Achievement, and 5) Real Change. The research method used
is descriptive quantitative, with data obtained through questionnaires,
documentation studies, and observations. Respondents of this study amounted to 52
beneficiaries at the Pangudi Luhur Integrated Center. The results showed that the
Digital Reading Corner Program was quite effective in improving the reading and
writing literacy skills of the beneficiaries, with a cumulative score of 72.71%.
Aspects of program understanding scored 67.94%, target accuracy 64.35%,
timeliness 73.07%, goal achievement 80.76%, and real change 82.21%. Although
this program is quite effective, this study also identified aspects that need to be
improved, especially in the socialization of the program and the target accuracy of
human resources. The researcher proposed "Digital Reading Week" as a solution to
improve the socialization and assistance of the program. It is hoped that this
proposal can improve the shortcomings and increase the effectiveness of the
implementation of the Digital Reading Corner at the Pangudi Luhur Bekasi
Integrated Center.
Keywords: Effectiveness, Digital Literacy , Digital Reading Corner.
ABSTRAK
IZZUL FIKRI, NRP 20.02.056. "Efektivitas Program Pojok Baca Digital
(POCADI) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis
Melalui Literasi Digital Penerima Manfaat di Sentra Terpadu Pangudi
Luhur Kota Bekasi". Dosen Pembimbing: Tukino dan Sulistyary
Ardiyantika.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pemahaman Program, 2)
Ketepatan Sasaran, 3) Ketepatan Waktu, 4) Pencapaian Tujuan, dan 5) Perubahan
Nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan data
yang diperoleh melalui angket, studi dokumentasi, dan observasi. Responden
penelitian ini berjumlah 52 penerima manfaat di Sentra Terpadu Pangudi Luhur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pojok Baca Digital cukup efektif
dalam meningkatkan keterampilan literasi Digital penerima manfaat, dengan skor
kumulatif 72,71%. Aspek pemahaman program memperoleh skor 67,94%,
ketepatan sasaran 64,35%, ketepatan waktu 73,07%, pencapaian tujuan 80,76%,
dan perubahan nyata 82,21%. Meskipun program ini cukup efektif, penelitian ini
juga mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan, terutama dalam sosialisasi
program dan ketepatan sasaran sumber daya manusia. Peneliti mengusulkan "Pekan
Baca Digital" sebagai solusi untuk meningkatkan sosialisasi dan pendampingan
program. Diharapkan usulan ini dapat memperbaiki kekurangan dan meningkatkan
efektivitas pelaksanaan Pojok Baca Digital di Sentra Terpadu Pangudi Luhur
Bekasi.
Kata Kunci: Efektivitas, Literasi Digital, Pojok Baca Digital.
Description
Keywords
Literasi Digital, Pojok Baca Digital.