KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI LINGKUNGAN SOSIAL LKSA RUMAH PENGHARAPAN BARU YAYASAN SINAR FAJAR INDONESIA LEMBANG BANDUNG BARAT
Loading...
Date
2025-10-19
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
YUDHA WIDIASA FEBRIYAN. NRM. 21.02.050, Kepercayaan Diri Anak Di Lingkungan Sosial LKSA Rumah Pengharapan Baru Yayasan Sinar Fajar Indonesia Lembang Bandung Barat, Dosen Pembimbing: DAYNE TRIKORA WARDHANI DAN AAM MUHARAM
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam proses anak
dalam membangun kepercayaan diri di lingkungan sosial yang baru, khususnya di
Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pengharapan Baru Yayasan
Sinar Fajar, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anak-anak yang tinggal di LKSA
umumnya mengalami pengalaman masa lalu yang berat, seperti kehilangan orang
tua, penelantaran, kekerasan, atau kemiskinan. Kondisi ini membuat mereka rentan
terhadap rendahnya kepercayaan diri, terutama ketika harus beradaptasi dengan
dinamika sosial yang baru dan jauh berbeda dari lingkungan asal. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan terdiri dari
enam anak yang telah tinggal di LKSA selama minimal enam bulan. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non
partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak
membangun kepercayaan diri melalui berbagai pengalaman dan interaksi sosial
yang terjadi di dalam LKSA, seperti keterlibatan dalam kegiatan bersama,
komunikasi interpersonal dengan teman sebaya dan pengasuh, serta pemberian
tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan sosial yang mendukung
di LKSA—baik secara emosional maupun struktural—mendorong terbentuknya
keyakinan diri anak secara bertahap. Anak-anak juga menunjukkan kapasitas
reflektif dalam menilai kemampuan diri dan menumbuhkan harapan akan masa
depan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman
mengenai dinamika psikososial anak yang tinggal di LKSA serta memberikan
rekomendasi praktis bagi pekerja sosial dan pengelola lembaga dalam menciptakan
lingkungan yang lebih mendukung untuk pengembangan kepercayaan diri anak.
Kata Kunci: kepercayaan diri, anak, LKSA, lingkungan sosial
Description
Keywords
kepercayaan diri, anak, LKSA, lingkungan sosial