Penerapan Task Centered dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Subjek CH di Panti Sosial Asuhan Aaak Putra Utama 1 Klender Kota Jakarta Timur.
Loading...
Date
2024-02-20
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ABSTRACT
FEBBY FEBRIYANI, NRP 19.04.168. Penerapan Task Centered dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar pada Subjek CH di Panti Sosial
Asuhan Aaak Putra Utama 1 Klender Kota Jakarta Timur. Dibimbing
oleh Tuti Kartika, Ph.D dan Arini Dwi Deswanti, M.Kesos.
There are 35% of children in the Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 Klender
Kota Jakarta Timur who have low learning motivation, one of which is CH. This
study aims to test the task centered technique on learning motivation in CH subjects.
This study uses a quantitative approach with the Single Subject Design (SSD)
method A-B-A pattern. The subject in this study was a 13-year-old male child who
was in an alternative caregiver, namely at Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama
1 Klender Kota Jakarta Timur. Data collection techniques used are: 1) Observation
and 2) Documentation Study. Test the validity and reliability of measuring
instruments using the total percent agreement which is then analyzed visually in the
conditions. The results of research on research subjects show that the application of
task centered can increase learning motivation marked by the behavior of doing the
exercise questions, the behavior of collecting assignments on time and the behavior
of asking questions. The program design proposed by the researchers based on the
SWOT analysis is "Capacity Building dalam Pengembangan Keterampilan Guru
dan Pengasuh di PSAA PU 1 Klender". The method used in this program is
community development. The strategy used by researchers in community
development is collaboration. The tactics used in strategic collaboration are
implementation and capacity building
Keywords: Task Centered, Learning Motivation, Panti Sosial Asuhan Anak
ABSTRAK
FEBBY FEBRIYANI, NRP 19.04.168. Penerapan Task Centered dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar pada Subjek CH di Panti Sosial
Asuhan Aaak Putra Utama 1 Klender Kota Jakarta Timur. Dibimbing
oleh Tuti Kartika, Ph.D dan Arini Dwi Deswanti, M.Kesos.
Terdapat 35% anak di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 Klender Kota
Jakarta Timur memiliki motivasi belajar yang rendah salah satunya subjek CH.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teknik task centered terhadap motivasi
belajar pada subjek CH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode Single Subject Design (SSD) pola A-B-A. Subjek dalam penelitian ini
adalah seorang anak berusia 13 tahun berjenis kelamin laki-laki yang berada pada
pengasuhan alternatif yaitu di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 Klender
Kota Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1)
Observasi dan 2) Studi Dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas alat ukur
menggunakan total percent agreement yang kemudian dianalisis secara visual
dalam kondisi. Hasil penelitian terhadap subjek penelitian menunjukkan bahwa
penerapan task centered dapat meningkatkan motivasi belajar ditandai dengan
perilaku mengerjakan latihan soal, perilaku mengumpulkan tugas tepat waktu dan
perilaku bertanya. Rancangan upaya program yang diajukan oleh peneliti
berdasarkan analisis SWOT adalah “Capacity Building dalam Pengembangan
Keterampilan Guru dan Pengasuh di PSAA PU 1 Klender”. Metode yang digunakan
dalam program ini adalah community development. Strategi yang digunakan
peneliti dalam pengembangan masyarakat yaitu kolaborasi. Taktik yang digunakan
dalam strategi kolaborasi adalah implementasi dan capacity building.
Kata Kunci: Task Centered, Motivasi Belajar, Panti Sosial Asuhan Anak
Description
Keywords
Task Centered, Motivasi Belajar, Panti Sosial Asuhan Anak