Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Mitra Binaan Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Indah Kiat Pulp And Paper Di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau
No Thumbnail Available
Date
2024-03-18
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
DIMAS HADI SAPUTRO, 19.04.247. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Mitra Binaan Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Indah Kiat Pulp And Paper Di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, dibimbing oleh Didiet Widiowati dan Abas Basuni
Penelitian ini mengkaji tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Mitra Binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indah Kiat Pulp And Paper Di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang: (1) Karakteristik Informan; (2) Pemberian sumber daya; (3) Pemberian Kesempatan; (4) Pemberian Pengetahuan; (5) Pemberian Keterampilan; dan (6) Pemberian Pendampingan kepada UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah Informan penelitian ini sebanyak tujuh orang yang ditentukan dengan cara purposive. Teknik pengempulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan CSR terlaksana dengan baik melalui pemberian sumber daya, kesempatan, pengetahuan, keterampilan dan pendampingan. Namun terdapat permasalahan pada 2 aspek pemberdayaan yang dihadapi UMKM antara lain: 1) Aspek pemberian sumber daya, yaitu tidak berfungsinya gerai koperasi dalam melaksanakan pemasaran. 2) Aspek pengetahuan, yaitu kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pemasaran secara online. Berdasarkan hal tersebut diusulkan program “Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM Mitra Binaan CSR PT. IKPP melalui Pelatihan Pemasaran Online” sehingga UMKM lebih meningkat pengetahuannya dalam pemasaran Online melalui marketplace.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Pekerja Sosial Industri.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility (CSR), Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Pekerja Sosial Industri.