Pengaruh Pengalaman Bullying Terhadap tingkat Kepercayaan Diri Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta Kab.Bandung Barat.
Loading...
Date
2024-10-16
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ABSTRACT
PUTRI ZAHRAH SALSABILA, 20.04.323 The Influence of Bullying
Experiences on Students Self-Confidence Levels in One of the Private
Schools in West Bandung Regency, Supervised by Susilawati and Arini
Dwi Deswanti
Bullying is an act of using power to harm a person or group of people, whether
verbally, physically or psychologically, which is intentionally carried out by a
person or group of people repeatedly and from time to time against a victim.
Bullying can affect students' self-confidence to become low. This research aims to
obtain an empirical picture of: 1) Knowing the level of bullying experienced by
victims in one of the private schools in West Bandung district, 2) Knowing the level
of self-confidence in victims in one of the private schools in West Bandung district,
3) Knowing the influence of the level of bullying on the self-confidence of victims
in one of the private schools in West Bandung district. The research method used
is quantitative descriptive census. This research uses the entire research population
or census. This research uses the entire research population or census. The data
collection techniques used were: 1) questionnaires and 2) interviews. Test the
validity of the measuring instrument using content validity. The research results
were analyzed using normality test, linearity test, X and Y correlation coefficient,
simple linear regression test, coefficient of determination. The results of research
on 30 bullying victims showed that the experience of bullying had an influence on
the students' level of self-confidence. Bullying that occurs at this school is in the
medium category in the physical, verbal and relational aspects and self-confidence
is in the medium category in the aspects of believing in one's abilities, optimistic,
responsible and rational and realistic, while in the objective aspect it is in the low
category. Based on this research, the researcher designed a proposed training and
education program related to bullying behavior in the school using the social group
work method with Education, Interpretation, Collaboration techniques.
Keywords: Bullying, Self-Confidence, Teenangers
ABSTRAK
PUTRI ZAHRAH SALSABILA, 20.04.323. Pengaruh Pengalaman Bullying
Terhadap tingkat Kepercayaan Diri Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta
Kab.Bandung Barat, Dibimbing oleh susilawati dan Arini Dwi Deswanti
Bullying merupakan salah satu tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti
seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik maupun relasional yang
disengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang
dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban. Bullying dapat memengaruhi
kepercayaan diri siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran empiris tentang : 1) Mengetahui tingkatan Bullying yang dialami korban
di salah satu sekolah swasta kabupaten Bandung Barat, 2) Mengetahui tingkatan
kepercayaan diri pada korban di salah satu sekolah swasta kabupaten Bandung
Barat, 3) Mengetahui seberapa pengaruh tingkatan bullying terhadap kepercayaan
diri korban di salah satu sekolah swasta kabupaten Bandung Barat. Metode
penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif secara sensus. Penelitian ini
menggunakan seluruh populasi penelitian atau sensus. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah: 1) kuesioner dan 2) wawancara. Uji validitas alat ukur
menggunakan validitas isi (content validity). Hasil penelitian dianalisis dengan uji
normalitas, uji linieritas, koefisien korelasi X dan Y, Uji regresi linier sederhana,
koefisien determinasi. Hasil penelitian terhadap 30 korban bullying menunjukkan
bahwa adanya pengaruh pengalaman bullying terhadap tingkat kepercayaan diri
siswa tersebut. Bullying yang terjadi pada sekolah tersebut berada kategori sedang
pada aspek fisik, verbal dan relasional serta kepercayaan diri dikategori sedang
pada aspek percaya akan kemampuan diri sendiri, optimis, bertanggung jawab dan
rasional dan realitis sedangkan pada aspek objektif dikategori rendah. Berdasarakan
penelitian tersebut, peneliti merancang usulan program pelatihan dan edukasi
terkait dengan perilaku bullying di sekolah tersebut dengan menggunakan Metode
social group work dengan teknik Edukasi, Interpretasi, Kolaborasi.
Kata Kunci : Bullying, Kepercayaan Diri, Remaja
Description
Keywords
Bullying, Kepercayaan Diri, Remaja