KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PENERIMA MANFAAT DI SENTRA ABIYOSO CIMAHI

Abstract

ANDREAS WATALAWDO SIMANGUNSONG, NRM. 21.02.090. Kinerja Pekerja Sosial Dalam Melakukan Pendampingan Penerima Manfaat di Sentra Abiyoso Cimahi. Dosen Pembimbing: Ella Nurlela dan Elin Herlina. Penilaian kinerja pekerja sosial sangat penting, karena penilaian kinerja merupakan salah satu alat untuk mengevaluasi kinerja pekerja sosial dalam melaksanakan pendampingan Penerima Manfaat, dan dengan dilakukan penilaian kinerja maka dapat diketahui sejauh mana pekerja sosial mampu memberikan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat sehingga dapat dilakukan peningkatan kinerja pekerja sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti dengan teknik triangulasi Data oleh enam kategori informan, yakni dua orang Kepala Pokja, dua orang pekerja sosial, dan dua orang penerima manfaat kategori PPKS Non Disabilitas. Permasalahan Kompetensi Dalam menjalan peran sebagai pekerja sosial yang mendampingi penerima manfaat tentu membutuhkan kompetensi yang baik. Program Layanan Kepada PM non Disabilitas berdasarkan hasil wawancara dan observasi serta penjajakan dalam kegiatan yang dilakukan oleh pekerja sosial dengan PM Sentra Abiyoso Cimahi memiliki sarana dan prasanan yang memadai untuk pekerja sosial dan penerima manfaat. Hal tersebut dapat ditujukan dengan mendukung untuk melakasanakan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan pekerja sosial dalam meberikan pelayanan kepada penerima manfaat yakni “Peningkatan Kapasitas Pekerja Sosial Dalam pelayanan ATENSI di Sentra Abiyoso Cimahi”. Kata Kunci: Kinerja, Pendampingan Penerima Manfaat, Sentra

Description

Keywords

Kinerja, Pendampingan Penerima Manfaat, Sentra

Citation