KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PENERIMA MANFAAT DI SENTRA ABIYOSO CIMAHI
Loading...
Date
2025-10-19
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ANDREAS WATALAWDO SIMANGUNSONG, NRM. 21.02.090. Kinerja Pekerja Sosial Dalam Melakukan Pendampingan Penerima Manfaat di Sentra Abiyoso Cimahi. Dosen Pembimbing: Ella Nurlela dan Elin Herlina.
Penilaian kinerja pekerja sosial sangat penting, karena penilaian kinerja merupakan
salah satu alat untuk mengevaluasi kinerja pekerja sosial dalam melaksanakan
pendampingan Penerima Manfaat, dan dengan dilakukan penilaian kinerja maka
dapat diketahui sejauh mana pekerja sosial mampu memberikan pendampingan
yang sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat sehingga dapat dilakukan
peningkatan kinerja pekerja sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian
yang digunakan untuk meneliti dengan teknik triangulasi Data oleh enam kategori
informan, yakni dua orang Kepala Pokja, dua orang pekerja sosial, dan dua orang
penerima manfaat kategori PPKS Non Disabilitas. Permasalahan Kompetensi
Dalam menjalan peran sebagai pekerja sosial yang mendampingi penerima manfaat
tentu membutuhkan kompetensi yang baik. Program Layanan Kepada PM non
Disabilitas berdasarkan hasil wawancara dan observasi serta penjajakan dalam
kegiatan yang dilakukan oleh pekerja sosial dengan PM Sentra Abiyoso Cimahi
memiliki sarana dan prasanan yang memadai untuk pekerja sosial dan penerima
manfaat. Hal tersebut dapat ditujukan dengan mendukung untuk melakasanakan
kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan pekerja sosial dalam meberikan pelayanan
kepada penerima manfaat yakni “Peningkatan Kapasitas Pekerja Sosial Dalam
pelayanan ATENSI di Sentra Abiyoso Cimahi”.
Kata Kunci: Kinerja, Pendampingan Penerima Manfaat, Sentra
Description
Keywords
Kinerja, Pendampingan Penerima Manfaat, Sentra