Sikap Siswa Terhadap Perilaku Perundungan di SMP Negeri 6 Temanggung.
Loading...
Date
2024-08-19
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
ABSTRACT
SAFA RIZKI FATHONAH: Students' Attitudes Towards Bullying Behavior at
Junior High School 6 Temanggung. Advisor: Theresia Martina
Marwanti and Wawan Heryana.
Bullying is a negative act that is intentionally and repeatedly carried out to hurt
someone physically or psychologically to harm an individual who is considered
weak. Until now, bullying still occurs and most frequently at the junior high school
level. Understanding students' attitudes in responding to bullying is important to
overcome issues of bullying. This study aims to empirically describe: 1) cognitive
aspects, 2) affective aspects, and 3) behavioral aspects. The method used in this
research is a descriptive quantitative. The population in this study consist 171
students of the 7th and 8th grades at Junior High School 6 Temanggung. The data
collection techniques used are questionnaires and documentation studies. The
research instrument uses a Likert scale. The validity test used was face validity, and
the reliability test used was Cronbach’s Alpha. The results of the study showed that
student’s attitude in the cognitive aspect in very positive category with a mean of
58,47; in the affective aspect in positive category with a mean 58,12; and in the
behavioral aspect in very positive category with a mean 58,65. Overall, student’s
attitude toward bullying in the positive category with 86 students (50,3%) having a
mean 175,27. Based on the lowest percentage statements in each aspect, it indicates
that students not enough understanding how to protect themselves from bullying,
not enough skill to control emotions, and interactions between students show a lack
of behavior to defend the truth. Therefore, “Satuan Gugus Tugas (Satgas) Anti
Perundungan SMP Negeri 6 Temanggung” or Anti-Bullying Task Force Bullying
is proposed. The program aims to improve students' social skills using the social
group work method with the socialization group type.
Keywords : Students attitudes, Bullying
ABSTRAK
SAFA RIZKI FATHONAH: Sikap Siswa Terhadap Perilaku Perundungan di
SMP Negeri 6 Temanggung. Dosen Pembimbing: Theresia Martina
Marwanti dan Wawan Heryana.
Perundungan merupakan tindakan negatif yang dilakukan dengan sengaja dan
secara berulang kepada seseorang untuk menyakiti baik secara fisik maupun
psikologis kepada seseorang yang dianggap lemah. Hingga saat ini perundungan
masih terjadi dan paling banyak terjadi di jenjang SMP. Mengetahui sikap siswa
dalam menanggapi perundungan merupakan hal yang penting untuk mencegah dan
mengatasi masalah perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran secara empiris tentang: 1) aspek kognitif, 2) aspek afektif, dan 3) aspek
perilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 171 siswa kelas VII dan
VIII SMP Negeri 6 Temanggung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert.
Uji validitas yang digunakan adalah validitas muka (face validity), uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa
pada aspek kognitif berada pada kategori sikap sangat positif dengan mean 58,47;
aspek afektif berada pada kategori sikap positif dengan mean 58,15; aspek perilaku
berada kategori sikap sangat positif dengan mean 58,65. Hasil sikap siswa terhadap
perilaku perundungan secara keseluruhan termasuk pada kategori sikap positif
sejumlah 86 siswa (50,3%) dengan mean 175,27. Berdasarkan persentase
pernyataan terendah pada setiap aspeknya menunjukan bahwa siswa kurang
memahami bagaimana melindungi diri dari perundungan, kurang memiliki
keterampilan mengontrol emosi, serta interaksi antar siswa menunjukkan
kurangnya perilaku membela kebenaran. Oleh karena itu, diusulkan program
“Satuan Gugus Tugas (Satgas) Anti Perundungan SMP Negeri 6 Temanggung.”
Tujuan program adalah meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan
menggunakan metode social group work dengan tipe kelompok socialization
group.
Kata Kunci : Sikap siswa, Perundungan
Description
Keywords
Sikap siswa, Perundungan