Social Protection and Empowerment
Permanent URI for this collection
Undergraduate Theses on Program Study of Social Protection and Empowerment
Browse
Browsing Social Protection and Empowerment by Subject "Asertif"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Keterampilan Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Handayani Jakarta.(Perpustakaan, 2024-08-20) SUHAILLA SEKAR AYU 2003019; LINA FAVOURITA SUTIAPUTRI; DEDE KUSWANDASUHAILLA SEKAR AYU: Keterampilan Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Handayani Jakarta. Dosen Pembimbing: LINA FAVOURITA SUTIAPUTRI dan DEDE KUSWANDA Keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum adalah kemampuan dalam bekerja sama, asertif, bertanggung jawab, berempati, dan mengontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang: 1) karakteristik responden, 2) bekerja sama, 3) asertif, 4) bertanggung jawab, 5) berempati, dan 5) mengontrol diri yang dimiliki responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan survei deskriptif. Sumber yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 anak berhadapan dengan hukum yang ada di Sentra Handayani. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan rating scale. Uji validitas yang digunakan adalah validitas muka (face validity), uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan hasil 0,801 > 0,600 (sangat reliabel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum berada pada kategori tinggi dengan persentase 84%. Namun kemampuan kontrol diri pada keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum memiliki skor paling rendah. Oleh karena itu, diusulkan program “Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri Melalui Pelatihan Regulasi Emosi Bagi ABH Di Sentra Handayani”. Kata Kunci: Anak Berhadapan Dengan Hukum, Keterampilan Sosial, Kerja Sama, Asertif, Tanggung Jawab, Empati, Kontrol Diri.Item Keterampilan Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Handayani Jakarta.(Perpustakaan, 2024-09-17) SUHAILLA SEKAR AYU, NRP. 20.03.019; LINA FAVOURITA SUTIAPUTRI; DEDE KUSWANDASUHAILLA SEKAR AYU, NRP. 20.03.019 Keterampilan Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Sentra Handayani Jakarta. Dosen Pembimbing: LINA FAVOURITA SUTIAPUTRI dan DEDE KUSWANDA Keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum adalah kemampuan dalam bekerja sama, asertif, bertanggung jawab, berempati, dan mengontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang: 1) karakteristik responden, 2) bekerja sama, 3) asertif, 4) bertanggung jawab, 5) berempati, dan 5) mengontrol diri yang dimiliki responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan survei deskriptif. Sumber yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 anak berhadapan dengan hukum yang ada di Sentra Handayani. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan rating scale. Uji validitas yang digunakan adalah validitas muka (face validity), uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan hasil 0,801 > 0,600 (sangat reliabel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum berada pada kategori tinggi dengan persentase 84%. Namun kemampuan kontrol diri pada keterampilan sosial anak berhadapan dengan hukum memiliki skor paling rendah. Oleh karena itu, diusulkan program “Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri Melalui Pelatihan Regulasi Emosi Bagi ABH Di Sentra Handayani”. Kata Kunci: Anak Berhadapan Dengan Hukum, Keterampilan Sosial, Kerja Sama, Asertif, Tanggung Jawab, Empati, Kontrol Diri. ABSTRACT SUHAILLA SEKAR AYU, NRP. 20.03.019 Social Skills of Children in Conflict with the Law at Sentra Handayani Jakarta. Supervising Lecturers: LINA FAVOURITA SUTIAPUTRI and DEDE KUSWANDA The social skills of children in conflict with the law encompass the abilities to cooperate, be assertive, take responsibility, empathize, and self-regulate. This study aims to empirically describe: 1) the characteristics of the respondents, 2) cooperation skills, 3) assertiveness, 4) responsibility, 5) empathy, and 5) self-regulation possessed by the respondents. The research method used is a quantitative method with a descriptive survey. The sources used are primary and secondary sources. The population in this study consists of 32 children in conflict with the law at Sentra Handayani. The sampling technique employed is a census. Data collection techniques used are questionnaires and documentation studies. The research instrument uses a rating scale. The validity test applied is face validity, and the reliability test uses Cronbach's alpha with a result of 0.801 > 0.600 (highly reliable). The results of the study indicate that the social skills of children in conflict with the law fall into the high category with a percentage of 84%. However, the ability to self-regulate within the social skills of children in conflict with the law has the lowest score. Therefore, a program is proposed to "enhance self-regulation skills through Emotion Regulation Training for children in conflict with the law at Sentra Handayani." Keywords: Children in Conflict with the Law, Social Skills, Cooperation, Assertiveness, Responsibility, Empathy, Self-Regulation